Si Pembuat Lonceng Gereja Kuningan

Si Pembuat Lonceng Gereja
4Jogja Si Pembuat Lonceng Gereja - Semua orang pasti sudah tahu, apa itu lonceng Gereja, bagaimana bentuknya dan bagaimana cara kerjanya.
Namun apa anda tahu siapa di balik pembuat lonceng gereja, Lonceng biasanya terbuat dari  perunggu atau kuningan atau campuran keduanya. Di negara Cina, mudah dijumpai bentuk lonceng dan genta kecil terbuat dari porselen.

Badan lonceng dibuat berongga dengan bandul pemukul terpisah. Untuk membunyikannya, pemukul dibenturkan pada badan lonceng (sama seperti gong).
Bentuk lainnya, bandul menggantung di tengah-tengah badan lonceng. Untuk membunyikannya, cukup sederhana. Goyangkan loncengnya hingga bandul berayun memukul dinding lonceng dan menimbulkan bunyi yang akan bergema karena rongga di dalamnya.

Lonceng Gereja dibuat dengan berbagai macam bentuk & ukuran untuk suara yang dihasilkannya Semakin kecil sebuah lonceng yang di buat  makin kecil pula suara yang ditimbulkan atau di hasilkan. Ada pula lonceng yang diukir untuk kepentingan estetika dan hiasan. Dahulu, lonceng digunakan untuk menarik perhatian masyarakat akan adanya pengumuman dan sebagai penanda waktu.
Penggunaan lonceng untuk keperluan religius sudah dimulai sejak lama. Genta dan lonceng kecil digunakan dalam ritual agama Katolik dan Buddha pada waktu-waktu tertentu.


Artikel Terkait: